Konsep Dasar
Sistem
Definisi sistem
Untuk mendefinisikan sistem ada dua
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan prosedur dan pendekatan elemen.
Pendekatan prosedur :
Sistem adalah jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk
melakukan suatu kegiatan/untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Prosedur adalah rangkaian operasi
klerikal (tulis-menulis), yang melibatkan beberapa orang di dalam satu/lebih
departemen yang digunakan untuk menjamin penanganan yang seragam dari
transaksi-transaksi bisnis yang terjadi serta untuk menyelesaikan suatu
kegiatan tertentu.
Pendekatan
Elemen:
Sistem adalah kumpulan dari
elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai
tujuan
tertentu”
Definisi Informasi
Terdapat beberapa
definisi informasi, antara lain:
- Data yang diolah menjadi bentuk
yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
- Sesuatu yang nyata/setengah nyata
yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu
keadaan/kejadian. Contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah
akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah
investasi akan dilakukan.
- Menggorganisasikan data untuk
membantu dalam pengambilan keputusan tertentu/untuk tindakan di masa yang
akan datang/bukan berupa suatu tindakan untuk mencapai tujuan perusahaan
(pilihan ini disebut juga dengan business decision making).
Sistem Informasi
Dapat
didefinisikan sebagai:
- Suatu sistem yang dibuat oleh
manusia yang terdiri dari komponen- komponen dalam organisasi untuk
mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
- Sekumpulan prosedur organisasi
yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil
keputusan dan/atau untuk mengendalikan organisasi.
- Suatu sistem didalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung
operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi
dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang
diperlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar